Selasa, 27 Oktober 2015

RAHASIA KERAHASIAAN


Pernahkah anda meluangkan waktu anda untuk menafakuri betapa agungnya ciptaan Allah, seperti makhluk hidup, 4 elemen (udara, air, api, tanah), makhluk gaib, dll? Pernahkah? Saya yakin pasti anda sering melakukannya, atau seengganya pernah lah sekali atau dua kali dalam sehari atau seminggu.

Tapi pernahkah anda meluangkan waktu untuk menafakuri makhluk Allah yang satu ini, yaitu “KERAHASIAAN”? mungkin secara husnudzonnya, saya yakin anda pernah menafakurinya, tapi jujur saja, saya lebih cenderung kepada suudzonnya, hehe, ya bisa dikatakan bahwa anda jarang bahkan tidak pernah menafakurinya. Oleh karena itu, saya meminta waktu anda sebentar saja untuk menafakuri makhluk Allah yang satu ini, semoga saja bisa bermanfaat.

Setelah melakukan kajian bersama para Ustad dan Kiai, dan saya rasa semua itu masuk akal, ternyata “KERAHASIAAN” √≠tu mempunyai rahasia atau bisa disebut juga HIKMAH. Tahukah anda, kenapa masyarakat disekeliling anda baik itu keluarga, tetangga, saudara, teman, guru semuanya masih sudi dan enjoy bertemu dengan anda, berbicara dengan anda, bahkan memeluk anda? Ternyata jawabannya adalah karena semua itu adalah RAHASIA KERAHASIAAN.

Apa yang Allah SWT rahasiakan? Jawabnnya adalah hati kita dan segala bentuk prasangka didalamnya.

Jujur saja! Pernahkah kita menyembunyikan prasangka buruk atau fikiran buruk terhadap orang yang ada dihadapan kita? Terhadap orang yang kita hormati? Kita segani? Bahkan yang kita sayangi? Pernahkah? Saya rasa, semua orang pasti pernah merasakan hal seperti itu. Atau pernahkah kita mengatakan hal yang membuat orang senang tapi hati kita sesungguhnya membencinya? Atau kita menuruti sebuah perintah namun didalam hati kita mengingkarinya? Atau mungkin kita bergaul dengan seseorang, tapi niat kita hanyalah untuk mengambil manfaatnya saja?

Bayangkan saja! Jikalau Allah tidak menciptakan KERAHASIAAN, maka segala bentuk prasangka kita terhadap sesama kita akan dzohir, akan nampak, baik itu prasangka yang baik, maupun prasangka yang buruk. Otomatis orang yang ada disekeliling kita akan mengetahui prasangka atau fikiran kita. Dan apa yang terjadi jika prasangka atau fikiran kita terhadapnya buruk? Tentunya dia akan enggan berbicara dengan kita, bertemu dengan kita, bahkan enggan untuk melihat kita. Maka yang terjadi adalah tidak akan ada persahabatan, kekeluargaan, solidaritas, bahkan tidak akan ada kehidupan, karena yang akan terjadi adalah permusuhan bahkan mungkin sampai pembunuhan. Subhaallah….

Teman-temanku yang saya cintai dan saya banggakan, ternyata Allah SWT menciptakan makhluk tidak sekedar menciptakan saja, tetapi didalamnya terdapat hikmah yang harus kita renungi, hayati dan syukuri. Maka dari itu, kita tidak boleh berhenti untuk bertafakur atau memikirkan ciptaan Allah SWT, sebagaimana anjuran Nabi Muhammad SAW Tafakkaru> fi> kholqilla>h…..” yang arinya “bartafakurlah terhadap ciptaan Allah!”.


Mudah-mudahan tulisan yang sangat sederhana dan jauh dari kesempurnaan ini bermanfaat, khususnya untuk diri saya, dan yang membacanya, umumnya untuk seluruh muslimin muslimat di seluruh dunia. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar